Sabtu, 03 November 2007

Anne Enright, The Man Booker Prize for Fiction 2007

Oleh AN Efri Ritonga

Sejarah The Man Booker Prize for Fiction berulang. Tahun lalu, kala publik mengunggulkan Sarah Waters (The Night Watch), Kiran Desai (The Inheritance of Loss) keluar sebagai pemenang. Tahun ini, saat Ian McEwan (On Chesil Beach) di atas angin, Anne Enright (The Gathering) terpilih sebagai jawara.

McEwan, yang sudah dua kali masuk Booker, banyak dijagokan, antara lain karena riset Nielsen BookScan--sebelum pengumuman pemenang pada 16 Oktober lalu--menunjukkan On Chesil Beach telah terjual sekitar 120 ribu kopi. Jauh di atas empat orang pesaingnya yang terpilih masuk daftar pendek, termasuk The Gathering, yang baru terjual sekitar 3.200 kopi.

Tapi rupanya lima anggota dewan juri, yang terdiri atas bankir, penyair, wartawan, penulis, dan artis, punya penilaian berbeda. Dalam penyerahan hadiah di Guildhall, London, ketua dewan juri Howard Davies mengatakan juri menilai novel Anne sebagai karya yang kuat. Meski berisi kemarahan, kata Davies, Anne mampu menjelaskan kisah sebuah keluarga dengan memuaskan.

Kisah dalam buku ini, seperti disebutkan dalam sinopsisnya, adalah epik tiga generasi keluarga Irlandia, yang berlokasi di Irlandia dan Inggris. Judulnya, "The Gathering", mengacu pada pemakaman Liam Hegarty, pecandu alkohol yang bunuh diri dengan mencebur ke laut di Brighton. Ibunya dan sembilan anak-anak klan Hegarty berkumpul di Dublin menunggui mayat Liam.

Veronica, perempuan berusia 30 tahun, yang juga saudara kandung terdekat Liam, mencoba mencari tahu penyebab kematiannya. Dia menemukan sesuatu yang dialami Liam di masa kecil saat tinggal di rumah neneknya menjadi pemicu perilaku alkoholiknya. "Sewaktu menempatkan buku ini di daftar panjang, juri tidak yakin dia bakal menang, tapi keputusan dewan juri bulat," ujar Howard.

Anne lahir pada 11 Oktober 1962 di Dublin, Irlandia. Setelah belajar menulis kreatif di bawah bimbingan Malcolm Bradbury dan Angela Carter di University of East Anglia, dia bekerja sebagai produser dan Direktur Radio Telefís Éireann, Dublin, selama enam tahun. Sambil bekerja, ia menulis cerita pendek, yang kemudian dibukukan dalam The Portable Virgin. Buku yang terbit pada 1991 ini menjadi karya perdananya.

Sejak memutuskan menjadi penulis profesional pada 1993, ia semakin aktif mengeksplorasi tema-tema, seperti hubungan dalam keluarga, cinta, seks, keadaan Irlandia di masa-masa sulit, dan semangat zaman modern. Tiga novelnya yang lahir berturut-turut adalah The Wig My Father Wore (1995), What Are You Like? (2000), dan The Pleasure of Eliza Lynch (2002). Pada 2004 ia menulis buku nonfiksi berjudul Making Babies: Stumbling into Motherhood.

Sebelum menerima Booker, karya-karya Anne tidak banyak mendapat perhatian publik, padahal beberapa penghargaan telah diraihnya. The Portable Virgin memenangi penghargaan Rooney Prize for Irish Literature 1991. Sementara itu, What Are You Like? masuk daftar pendek The Whitbread Novel Award dan memenangi The Encore Award.

Adapun mengenai The Gathering, peresensi di The New York Times berpendapat bahwa ia tidak menemukan adanya kesenangan dan keriangan dalam buku ini. Anne mengakui, biasanya ketika sedang mencari buku, pembeli selalu memilih buku-buku yang dapat menceriakan mereka. "Dengan motivasi seperti itu, mereka tidak akan memilih buku saya," ujarnya.

Tapi kini, setelah menggondol Booker, bisa dipastikan penjualan buku-bukunya bakal melejit, seperti telah terjadi pada pemenang-pemenang sebelumnya. Banyak di antara novel karya pemenangnya yang kemudian menjadi novel laris, misalnya The Line of Beauty pada 2004, Life of Pi pada 2002, dan Vernon God Little pada 2003.

Pundi-pundi ibu dua anak ini juga akan bertambah gemuk dengan hadiah 50 ribu pound sterling (Rp 925 juta) sebagai pemenang, ditambah 2.500 pound sterling (Rp 46,25 juta) yang diterima semua peserta yang masuk daftar pendek. Daftar pendek penerima Booker selain Anne adalah Nicola Barker (Darkmans), Mohsin Hamid (The Reluctant Fundamentalist), Lloyd Jones (Mister Pip), Ian McEwan (On Chesil Beach), dan Indra Sinha (Animal's People).

The Man Booker Prize adalah penghargaan untuk novel terbaik sepanjang tahun berjalan yang ditulis oleh warga negara di negara-negara persemakmuran Inggris dan Irlandia. Novel asli harus diterbitkan dalam bahasa Inggris dan tidak dipublikasikan sendiri. Penghargaan yang telah memasuki tahun ke-39 ini disponsori perusahaan keuangan dan investasi Man Group Plc.

Ketika ia ditanya apa yang akan dilakukannya dengan hadiah uang tersebut, istri Martin Murphy, Direktur The Pavilion Theatre di Dún Laoghaire, Irlandia, ini menjawab belum tahu pasti. "Mungkin membangun dapur baru," ujarnya bercanda. Satu yang telah dilakukannya, kata Anne, adalah membeli baju baru menjelang penyerahan penghargaan. Sebuah baju bagus yang baru sekarang bisa dibelinya.

*Digunting dari Harian Koran Tempo 4 November 2007 dengan judul "Jeblok di Pasar, Jaya di Booker".

1 komentar:

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.